Efektifitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone.

RITA, RITA (2016) Efektifitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL RITA.docx

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar : (1) pemahaman konsep fisika sebelum diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone, (2) pemahaman konsep fisika setelah diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone,(3) keterampilan proses sains sebelum diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone, (4) keterampilan proses sains setelah diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone, (5) peningkatan pemahaman konsep fisika setelah diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone, (6) peningkatan keterampilan proses sains setelah diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimet dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 4 Watampone dengan jumlah 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep dan lembar observasi keterampilan proses sains, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan N Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) pemahaman konsep fisika sebelum diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone berada pada kategori kurang, (2) pemahaman konsep fisika setelah diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone berada pada kategori cukup, (3) keterampilan proses sains sebelum diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone berada pada kategori cukup, (4) keterampilan proses sains sebelum diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone berada pada kategori baik, (5) peningkatan pemahaman konsep fisika setelah diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone berada pada kategori sedang, (6) peningkatan keterampilan proses sains setelah diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Watampone berada pada kategori sedang. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing,Pemahaman Konsep, dan Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 02:54
Last Modified: 05 Apr 2018 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6838

Actions (login required)

View Item View Item