Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 30 Makassar

Qalsum, Ummy (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 30 Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dengan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended ditinjau dari gaya kognitif siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMPN 30 Makassar pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian, satu kelas sebagai kelompok perlakuan yang diajar dengan pendekatan open ended dan kelas yang lain sebagai kelompok pembanding yang diajar dengan pendekatan saintifik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA 2x2 faktorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dengan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bagi siswa yang bergaya kognitif field independent, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelompok perlakuan dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelompok pembanding dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelompok perlakuan lebih tinggi dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelompok pembanding. Adapun bagi siswa yang bergaya kognitif field dependent, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelompok perlakuan dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelompok pembanding dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelompok perlakuan lebih tinggi dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelompok pembanding. Ditinjau dari gaya kognitif siswa, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelompok perlakuan lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelompok pembanding. Adapun ditinjau dari pendekatan pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa field independent lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa field dependent.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 00:41
Last Modified: 05 Apr 2018 00:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6802

Actions (login required)

View Item View Item