Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Inpres Belaka Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa

WAHYUNI B, WAHYUNI B (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Inpres Belaka Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
jurnal uny.docx

Download (66kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar IPS peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran quantum teaching di kelas V SD Inpres Belaka Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. (2) hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori di kelas V SD Inpres Belaka Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. (3) perbedaan hasil belajar IPS peserta didik antara yang diajar dengan model pembelajaran quantum teaching dengan yang diajar dengan menggunakann model pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini adalah true eksperiment, dengan pendekatan kuantitatif serta desain penelitian pretest-posttest dua kelompok. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar IPS. Instrumen penelitian ini yaitu berupa tes hasil belajar (pretest-posttest). Analisis statistic inferensial (uji-t) digunakan untuk melihat perbedaan hasil belajar IPS antara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dan yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunujukkan bahwa (1) meningkatnnya hasil belajar IPS peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran quantum teaching, dimana 52% atau 13 peserta didik berada pada kategori sangat tinggi, 48% atau 12 orang berada pada kategori tinggi dan 0% berada pada kaegori sedang, rendah, dan sangat rendah. (2) Meningkatnya hasil belajar IPS yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori, diamana 24% atau 6 peserta didik berada pada kategori sangat tinggi, 72% atau 18 peserta didik berada pada kategori tinggi, 0% berada pada kategori sedang, 4% atau 1 peserta didik berada pada kategori rendah dan 0% berada pada kategori sangat rendah (3) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajran quantum teaching dengan yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori, dimana dilihat dari besarnya rata-rata kedua kelompok yaitu -5.74000 karena bernilai negative maka kelompok ekspositori memiliki mean lebih rendah, dan menunjukkan model pembelajaran quantum teaching lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2

PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 06:30
Last Modified: 04 Apr 2018 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6787

Actions (login required)

View Item View Item