Pengaruh Media Animasi Dalam Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Representasi Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia

FATH A., MUHAMMAD (2017) Pengaruh Media Animasi Dalam Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Representasi Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel.docx

Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi dalam model pembelajaran discovery terhadap kemampuan representasi peserta didik kelas XI SMK Negeri 4 Takalar pada materi kesetimbangan kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain posttest only grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Negeri 4 Takalar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah peserta didik 127, dengan menggunakan 2 kelas penelitian, masing-masing kelas eksperimen XI TKJ 1 berjumlah 24 peserta didik yang dibelajarkan dengan media animasi pada model pembelajaran discovery dan XI TKJ 2 berjumlah 29 peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery tanpa media animasi, menggunakan teknik purposed random sampling. Pengumpulan data dilakukan setelah proses pembelajaran dengan menggunakan post test soal kemampuan multiple representasi. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial (menggunakan statistik uji Mann-Whitney dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows), uji kemampuan makroskopik nilai signifikansi 0,003 nilai tersebut lebih kecil dari α = 0,05, deskriptif data kemampuan makroskopik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. uji kemampuan submikroskopik nilai signifikansi 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari α = 0,05, deskriptif data kemampuan submikroskopik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Uji kemampuan simbolik nilai signifikansi 0,041, nilai tersebut lebih kecil dari α = 0,05, deskriptif data kemampuan simbolik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh media animasi dalam model pembelajaran discovery terhadap kemampuan representasi peserta didik pada materi kesetimbangan kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 05:52
Last Modified: 04 Apr 2018 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6778

Actions (login required)

View Item View Item