Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman (Wortschatz) Berdasarkan Model Komunikasi SMCR- Berlo di SMA Negeri Kota Makassar

Usman, , Misnawaty (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman (Wortschatz) Berdasarkan Model Komunikasi SMCR- Berlo di SMA Negeri Kota Makassar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
LAMPIRAN 6 Jurnal.docx

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran bahasa Jerman berdasarkan model komunikasi SMCR-Berlo, khususnya pengajaran kosakata bahasa Jerman (wortschatz). Model komunikasi SMCR-Berlo adalah singkatan dari Source (S) Message (M), Channel (C) dan Receiver (R). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) yang valid, praktis, dan menarik untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jerman pada siswa SMA Negeri di kota Makassar?. 2) bagaimana keefektifan perangkat pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) berdasarkan model komunikasi SMCR-Berlo?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar keterlaksanaan perangkat, angket dan tes. Kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari tiga aspek, yaitu; validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengikuti prosedur modifikasi pengembangan perangkat pembelajaran 4-D Thiagarajan yang meliputi empat tahap, yaitu: (1) tahap pendefinisian (Define), (2) tahap perancangan (Design), (3) tahap pengembangan (Develop) , dan (4) tahap penyebaran (Dessiminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kosakata bahasa Jerman (wortshatz) berdasarkan model komunikasi SMCR-Berlo ini telah valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi dan analisis data uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kosakata bahasa Jerman (wortshatz) berdasarkan model komunikasi SMCR-Berlo yang terdiri dari : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (3,79), Buku Ajar (3,67), Buku latihan Siswa (3,58), dan Buku Pegangan Guru (3,74). Kriteria kepraktisan keterlaksanaan pada setiap perangkat pembelajaran secara keseluruhan terlaksana dengan baik. Uji keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan rumus uji-t dan hasil analisis data menunjukkan bahwa th (10,128) > tt (2,002) dengan taraf alpha (α) 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berdasarkan model komunikasi SMCR-Berlo efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Kosakata Bahasa Jerman, Model Komunikasi SMCR-Berlo.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 04:00
Last Modified: 04 Apr 2018 04:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6764

Actions (login required)

View Item View Item