Pengaruh Strategi Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Malunda

Sutrisno, Sutrisno (2017) Pengaruh Strategi Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Malunda. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian true eksperiment menggunakan desain faktorial 2×2 yang dilaksanakan di kelas XI MIA2 dan XI MIA3 SMAN 1 Malunda Kab. Majene dengan tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) menganalisis secara keseluruhan perbedaan antara hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan stategi pembelajaran ARCS dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, 2) menganalisis perbedaan antara hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ARCS dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, untuk motivasi belajar tinggi, 3) menganalisis perbedaan antara hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ARCS dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, untuk motivasi belajar rendah, dan 4) menganalisis pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar pada pencapaiaan hasil belajar fisika. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu; 1) tahap persiapan yang meliputi observasi awal pada sampel penelitian dan penyusunan perangkat dan instrumen penelitian termasuk validasi isi dan empiris, 2) tahap pelaksanaan berupa pemberian angket motivasi pada pserta didik, penerapan strategi pembelajaran ARCS pada kelas eksperimen dan penerapan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, 3) tahap akhir dengan pemberian tes akhir hasil belajar fisika yang kemudian dilakukan analisis untuk uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan analisis varians dua arah yang menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang atara siswa yang diajar melalui strategi pembelajaran ARCS dan yang diajar dengan mengunakan pembelajaran konvensional, (2) untuk motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan antara hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ARCS dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) untuk motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan antara hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ARCS dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dan (4) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar pada pencapaiaan hasil belajar fisika, pada peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Malunda.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 03:26
Last Modified: 04 Apr 2018 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6749

Actions (login required)

View Item View Item