Deskripsi Kreativitas Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII MTs Al-Fakhriyah Makassar

FATIMAH., FATIMAH. (2017) Deskripsi Kreativitas Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII MTs Al-Fakhriyah Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kreativitas pemecahan masalah matematika ditinjau dari pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII MTs Al-Fakhriyah Makassar; (2) mendeskripsikan perbedaan kreativitas pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII MTs Al-Fakhriyah Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelian deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 3 orang dengan asumsi masing-masing 1 orang siswa dengan pemahaman konsep tinggi, 1 orang siswa dengan pemahaman konsep sedang, dan 1 orang siswa dengan pemahaman konsep rendah diperoleh dari kelas VIII yang ada di MTs Al-Fakhriyah Makassar. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan tes pemahaman konsep, tes kreativitas dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi teknik atau metode. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan langkah-langkah yaitu: (1) menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber; (2) reduksi data; (3) penyajian data, (4) membuat coding; (5) memaparkan data; dan (6) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi, sedang, maupun rendah melalui semua proses berpikir dari tahap persiapan, inkubasi, illuminasi, dan tahap verifikasi; (2) Terdapat perbedaan pada kreativitas pemecahan masalah matematika antara subjek yang memiliki kemampuan pemahaman konsep tinggi, sedang, dan rendah dimana subjek dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi dan sedang menemukan idenya tidak dipicu oleh keadaan sekelilingnya atau mengembangkan idenya untuk membangun cara baru dalam menyelesaikan TKPM. Sedangkan subjek dengan pemahaman konsep rendah menemukan idenya setelah melalui alam bawah sadarnya pada tahap inkubasi. Selain itu, perbedaan ketiga subjek juga terletak pada pendekatan yang dilakukan ketiga subjek dalam memverifikasi idenya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 00:57
Last Modified: 04 Apr 2018 00:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6720

Actions (login required)

View Item View Item