PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 6 SINJAI SELATAN. Skripsi, Jurusan Pendidikan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ibu Syarifah Balkis, S.Pd.,M.Pd dan Bapak Dr. Maharuddin Pangewa, M.si).

Muh., Faizal Muslimin (2014) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 6 SINJAI SELATAN. Skripsi, Jurusan Pendidikan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ibu Syarifah Balkis, S.Pd.,M.Pd dan Bapak Dr. Maharuddin Pangewa, M.si). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Muh. Faizal Muslimin, 2014.docx

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK Muh. Faizal Muslimin, 2014. PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 6 SINJAI SELATAN. Skripsi, Jurusan Pendidikan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ibu Syarifah Balkis, S.Pd.,M.Pd dan Bapak Dr. Maharuddin Pangewa, M.si). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Seberapa baik pergaulan teman sebaya pada siswa di SMP Negeri 6 Sinjai Selatan, (2) Seberapa baik prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Ilmu Sosial di SMP Negeri 6 Sinjai Selatan, (3) dan Apakah ada pengaruh yang signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 6 Sinjai Selatan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian ini terdiri dari pengaruh pergaulan teman sebaya (variabel X) dan prestasi belajar (variabelY). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 6 Sinjai Selatan, yang terdiri dari 3 (tiga) kelas dan berjumlah 450 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Proposional Random Sampling, diambil 10% dari populasi dan didapatkan 45 siswa. Teknik pengumpulan data variabel bebas yaitu pengaruh pergaulan teman sebaya menggunakan teknik angket, sedangkan data variabel terikat prestasi belajar menggunakan dokumentasi nilai rapor. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis infersensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Pengaruh pergaulan teman sebaya pada siswa di SMP Negeri 6 Sinjai Selatan dalam kategori “baik”, (2) Gambaran prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Sinjai Selatan tergolong dalam kategori “baik”, (3) Serta ada pengaruh yang signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 6 Sinjai Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:41
Last Modified: 29 Apr 2016 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item