Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Proyek Bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP

. ASHAR,, MUH (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Proyek Bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL MUH. ASHAR.docx

Download (48kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran Biologi berbasis Proyek (2) Untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis Proyek yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model dari Thiagarajan (Four-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) dessiminate (penyebaran). Uji coba perangkat pembelajaran dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII.SMP Negeri 5 Kabupaten Bulukumba tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan, tes hasil belajar dan angket. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Pada tahap pengembangan draf I divalidasi oleh ahli. Hasil validasi ahli menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Proyek telah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan analisis pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan respons guru pada saat uji coba diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi 4 syarat kriteria keefektifan yaitu; (1) hasil belajar peserta didik telah tuntas secara klasikal, (2) pengelolaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik, (3) aktivitas peserta didik berada pada kategori sangat baik, dan (4) respon peserta didik berada pada kategori sangat positif. Penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Peserta Didik (BPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes Hasil Belajar (THB) melalui proses pengembangan yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefenisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran , (2) setelah dilakukan validasi dan uji coba maka diperoleh perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 08:26
Last Modified: 03 Apr 2018 08:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6703

Actions (login required)

View Item View Item