Pengaruh Penerapan Metode Matematika Realistik tehadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Inpres Baddoka Kecamatan Biringkanaya

Ramli, Novia (2017) Pengaruh Penerapan Metode Matematika Realistik tehadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Inpres Baddoka Kecamatan Biringkanaya. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
2. BAB I.docx

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui gambaran penerapan metode pembelajaran matematika realistik dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Inpres Baddoka Kecamatan Biringkanaya. (ii) untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Baddoka Kecamatan Biringkanaya. (iii) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Baddoka Kecamatan Biringkanaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Baddoka dengan sampel 34 kelas kontrol dan 34 kelas eksperimen yang diambil secara acak. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika dengan 7 butir soal dan lembar observasi pembelajaran. Teknik analisis data diperoleh dengan 2 jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial yang meliputi uji formalitas data, uji homogentitas data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) gambaran penerapan metode pembelajaran matematika realistik pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV berada pada kategori “baik”. (ii) gambaran hasil belajar matematika siswa kelas IV setelah penerapan metode pembelajaran matematika realistik mengalami peningkatan hasil belajar. Data hasil pretes dan posttest memiliki perbedaan rata-rata nilai kelas pada kelas yang tidak diberi perlakuan 67,4 pada kategori “baik” dan kelas yang diberi perlakuan dengan rata-rata 83 pada kategori ”sangat baik”. (iii) penerapan metode pembelajaran matematika realistik berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas kelas IV SD Inpres Kecamatan Biringkanaya. Dengan hasil analisis menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 08:19
Last Modified: 03 Apr 2018 08:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6701

Actions (login required)

View Item View Item