Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada Pembelajaran Matematika Siswa di Kelas VII SMPN 1 Pangkajene

Mu’minati, Andi Amirah (2017) Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada Pembelajaran Matematika Siswa di Kelas VII SMPN 1 Pangkajene. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada pembelajaran matematika siswa di kelas VII SMPN 1 Pangkajene yang mangacu pada aspek (1) Hasil Belajar Siswa, (2) Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika siswa, (3) Aktivitas Siswa, (4) Respons Siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Pangkajene pada semester genap 2016/2017 dan dipilih 1 kelas secara cluster random sampling sebagai kelas sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Skor rata-rata hasil belajar siswa secara deskriptif sebesar 79,43 dengan standar deviasi 9,205 dari skor maksimal 92, menunjukkan ketuntasan individu berada pada kategori tinggi dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 85%. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang siginifikan, dilihat dari rata-rata gain ternormalisasi siswa berada pada kategori tinggi. Selanjutnya, berdasarkan analisis one sample T-test bahwa skor rata-rata post-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kriteria keefektifan pembelajaran untuk hasil belajar matematika siswa terpenuhi. (2) Skor rata-rata kemampuan penalaran dan komunikasi secara deskriptif sebesar 78,74 dengan standar deviasi 8,946 dari skor maksimal 95, menunjukkan ketuntasan individu yang berada pada kategori tinggi dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 85%. Selain itu, kemampuan penalaran dan komunikasi siswa, menunjukkan peningkatan yang siginifikan, dilihat dari rata-rata gain ternormalisasi siswa berada pada kategori tinggi. Selanjutnya, berdasarkan analisis one sample T-test bahwa skor rata-rata post-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan Standar Ketuntasan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kriteria keefektifan pembelajaran untuk kemampuan penalaran dan komunikasi siswa terpenuhi; (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik; (4) Rata-rata persentase siswa yang memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 91,1% berada pada kategori sangat baik. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada siswa kelas VII SMPN 1 Pangkajene efektif ditinjau dari hasil belajar, kemampuan penalaran dan komunikasi, aktivitas siswa dan respons siswa pada materi garis dan sudut. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together (NHT), Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar, Kemampuan Penalaran dan Komunikasi. vii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 08:14
Last Modified: 03 Apr 2018 08:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6699

Actions (login required)

View Item View Item