PengembanganPerangkatPebelajaranMatematikaBerbasisMetode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery)untukSiswaKelas VII SMP

Bakri, Alfian (2017) PengembanganPerangkatPebelajaranMatematikaBerbasisMetode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery)untukSiswaKelas VII SMP. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I (Pendahuluan).docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB V (Penutup).docx

Download (26kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran seperti rpp, buku siswa, lembar kegiatan siswa dan tes hasil belajarmatematika berdasarkan model pembelajaran penemuan yang valid, praktis, dan efektif. Jenispenelitianiniadalahpenelitianpengembangan (Research and Development), menggunakanperangkatpembelajaranberbasispenemuanterbimbing.Pengembanganperangkatpembelajaranmatematika yang digunakanmengacupada model 4-D atau model thiagarajanyangterdiridari 4 tahap, yaitu: pembatasan, perancangan, pengembangan, danpenyebaran.Subjekpenelitianinisiswakelas VII3SMP Negeri27Makassartahunpelajaran 2015/2016.Instrumenyang digunakanantaralainlembarpengamatanaktivitassiswa, angket responsiswaterhadapkegiatanpembelajaran, lembarpengamatanaktivitas guru, lembarpengamatanpengelolaanpembelajaran. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dan ujicoba terbatas terhadap siswa kelas VII3 pada SMP Negeri 27 Makassar, semester genap tahun ajaran 2015/2016, peroleh hasil RPP skor rata-rata penilaiannya adalah 4 berada dalam kategori valid. Buku Siswa skor rata-rata penilaiannya adalah 4,1 berada dalam kategori valid, LKS skor rata-rata penilaiannya adalah 4,1 berada dalam kategori valid, sedangkan untuk THB skor rata-rata penilaiannya adalah 3,9 berada dalam kategori valid. Hasilujicobamenunjukkanskor rata-rata yang diperolehsiswapadateshasilbelajaradalah 75,97dariskor ideal 100 denganstandardeviasi 14, 314. Dari 34 siswaterdapat 26 atau 76,5% siswamemenuhiketuntasanindividu. prosespembelajaran. Rata-rata pengelolaanpembelajaran guru berdasarkanhasilpengamatanmemperolehnilai 3,75dengankategorisangattinggi (3,5 ≤ (KG) ̅ ≤ 4) artinyapenampilan guru dapatdipertahankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 07:19
Last Modified: 03 Apr 2018 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6680

Actions (login required)

View Item View Item