Menigkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Terhadap Matematika Melalui Pembelajaran Quantum Berbasis Lingkungan Sekolah Pada Peserta Didik Kelas VIII2 SMP Negeri 32 Bulukumba Tahun Ajaran 2016/2017

NUR, MUDASSIR (2017) Menigkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Terhadap Matematika Melalui Pembelajaran Quantum Berbasis Lingkungan Sekolah Pada Peserta Didik Kelas VIII2 SMP Negeri 32 Bulukumba Tahun Ajaran 2016/2017. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel MUDASSIR NUR (15B07051).docx

Download (77kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach), yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap tehadap matematika peserta didik kelas VIII2 SMP Negeri 32 Bulukumba. Secara khusus bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, (2) mendeskripsikan pemahaman konsep matematika, dan (3) mendeskripsikan sikap peserta didik terhadap matematika yang mengacu pada pembelajaran Quantum berbasis lingkungan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 32 Bulukumba, kelurahan Tanahlemo, kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Propinsi Sulawesi Selatan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII2 SMP Negeri 32 Bulukumba pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 25 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik perempuan dan 11 peserta didik laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dengan masing-masing siklus I disajikan selama 6 kali tindakan dan 1 kali pemberian tes pemahaman konsep. siklus II disajikan selama 4 kali tindakan dan 1 kali pemberian tes pemahaman konsep. Data aktivitas pembelajaran digali dengan lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar observasi aktivitas guru, data pemahaman konsep peserta didik digali dengan tes pemahaman konsep, dan sikap posisitf peserta didik terhadap matematika digali dengan lembar observasi sikap. Data hasil penelitian menunjukkan: (a) rata-rata hasil tes pemahaman konsep peserta didik pada siklus I yaitu 64,00 meningkat menjadi 70,00 pada siklus II, (b) sikap peserta didik terhadap matematika meningkat berupa kerja sama, tanggung jawab, jujur, percaya diri dan peduli lingkungan meningkat .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 08:14
Last Modified: 05 Apr 2018 08:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6644

Actions (login required)

View Item View Item