AZIS, AZIS (2016) AnalisisAspekPedagogikdalamPembelajaran IPS di SD NegeriTerpencil 8 Batu. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
Jurnal.docx Download (27kB) |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanaspekpedagogikdalampembelajaran IPS, faktor-faktor yang mendukungpenerapandanfaktor-faktor yang menghambatpenerapanaspekpedagogikdalampembelajaran IPS di SD Negeriterpencil 8 Batu. Metode yang digunakanadalahkualitatifdeskriptif.Teknikpengumpulan data dalam penelitianinimenggunakanobservasi, dokumentasidanwawancarabebas. Teknikpemeriksaankeabsahan data menggunakantriangulasisumber data.Hasilpenelitianmenunjukanbahwapenerapanaspekpedagogik guru kelasdalampelaksanaanpembelajaran di SD Negeriterpencil 8 batumasihkurangdarisepuluhaspekpedagogi guru beberapaaspektelahditerapkansepertipemahamankarakteristikpesertadidik, berkomunikasisecaraefektif, pembelajaran yang mendidik, pengembanganpotensipesertadidik,evaluasidanpenilaian. Faktor-faktor yang mendukungpenerapanaspekpedagogijumlahsiswa yang sedikit, pendidikan, KKG, pelatihandanPengembangankeprofesianberkelanjutan. Faktor-fatorpenghambatperizinankuliah, kurangyakegiatanpengemabangankompetensi,kesejahteraan guru, kekurangan guru PNS, efektifitaspembelajaran, kurangnyaprofesionalisme, dankurangsaranaprasarana. Kata kunci: Analisis Aspek Pedagogi, Pembelajaran IPS di SD
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 03 Apr 2018 02:26 |
Last Modified: | 03 Apr 2018 02:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6612 |
Actions (login required)
View Item |