AnalisisAspekPedagogikdalamPembelajaran IPS di SD NegeriTerpencil 8 Batu

AZIS, AZIS (2016) AnalisisAspekPedagogikdalamPembelajaran IPS di SD NegeriTerpencil 8 Batu. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (27kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanaspekpedagogikdalampembelajaran IPS, faktor-faktor yang mendukungpenerapandanfaktor-faktor yang menghambatpenerapanaspekpedagogikdalampembelajaran IPS di SD Negeriterpencil 8 Batu. Metode yang digunakanadalahkualitatifdeskriptif.Teknikpengumpulan data dalam penelitianinimenggunakanobservasi, dokumentasidanwawancarabebas. Teknikpemeriksaankeabsahan data menggunakantriangulasisumber data.Hasilpenelitianmenunjukanbahwapenerapanaspekpedagogik guru kelasdalampelaksanaanpembelajaran di SD Negeriterpencil 8 batumasihkurangdarisepuluhaspekpedagogi guru beberapaaspektelahditerapkansepertipemahamankarakteristikpesertadidik, berkomunikasisecaraefektif, pembelajaran yang mendidik, pengembanganpotensipesertadidik,evaluasidanpenilaian. Faktor-faktor yang mendukungpenerapanaspekpedagogijumlahsiswa yang sedikit, pendidikan, KKG, pelatihandanPengembangankeprofesianberkelanjutan. Faktor-fatorpenghambatperizinankuliah, kurangyakegiatanpengemabangankompetensi,kesejahteraan guru, kekurangan guru PNS, efektifitaspembelajaran, kurangnyaprofesionalisme, dankurangsaranaprasarana. Kata kunci: Analisis Aspek Pedagogi, Pembelajaran IPS di SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:26
Last Modified: 03 Apr 2018 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item View Item