Analisis Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru SD Kelas V yang Tersertifikasi dalam Mata Pelajaran Matematika di Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep.

Basri., Muhammad Irfan (2015) Analisis Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru SD Kelas V yang Tersertifikasi dalam Mata Pelajaran Matematika di Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL k ippang.docx

Download (78kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan kebijakan sertifikasi pendidik sungguh menarik untuk dikaji, karena sangat relevan dengan pengembangan kualitas pendidikan yang sangat rendah di Indonesia. Selain itu kebijakan pemerintah tersebut menyangkut karir jutaan guru di tanah air, nasib siswa yang merupakan sasaran akhir dari program tersebut, serta menyangkut nasib masa depan bangsa ini. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif-Esploratif. Pendekatan deskriptif dilakukan untuk mendes-kripsikan fakta actual tentang kompetensi guru yang tersertifikasi melalui jalur PLPG maupun melalui jalur portofolio yang terjadi pada saat penelitian berlangsung. Sedangkan pendekatan eksploratif dimaksudkan untuk mengeksplorasi secara kualitatif hasil penelitian menyangkut kompetensi guru yang telah tersertifikasi melalui pengamatan langsung dan wawancara dengan guru yang termasuk dalam subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah semua guru kelas V Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep yang telah tersertifikasi. Informan dalam penelitian ini yaitu MAR, DAR, BOC, dan SAF dianggap mampu memberikan keterangan yang dibutuhkan oleh peneliti. Berdasarkan paparan hasil penelitian setiap komponen terdapat beberapa kompetensi yang dihasilkan sebagai wujud dari pelaksanaan sertifikasi untuk menunjang mutu pendidikan yang lebih baik. Kompetensi yang dikuasai oleh guru meliputi kompetensi pedagogic mencakup kemampuan merancang pembelajaran, kemampuan melaksanakan proses pembelajaran, kemampuan menilai proses dan hasil pembelajaran, kompetensi professional mencakup penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam, kemampuan merancang, melaksanakan, dan menyusun laporan penelitian serta kemampuan mengembangkan dan menyebarluaskan inovasi. Beberapa kompetensi tersebut masih dinilai kurang dimiliki guru baik yang tersertifikasi lewat jalur PLPG maupun yang tersertifikasi lewat jalur portofolio. Selanjutnya dengan memperhatikan hasil nilai PKG masing-masing informan pada kompetensi pedagogik, dimana MAR dan DAR mempunyainilai PKG 96.43, sedangkan nilai PKG yang diperoleh SAF dan BOC sebesar 100, jika nilai guru untuk kompetensi pedagogik 91–100, maka guru tersebu tmempunyai kompetensipedagogiksangattinggi. Untuk kompetensi professional MAR, DAR, dan BOC, mempunyai kompetensi professional sedang dengan nilai PKG 76-90. Berbeda dengan subjek SAF yang memperoleh nilai kompetensi profesional 91-100 dengan kategori sangat tinggi. Kemampuan kompetensi professional dan pedagogik yang tinggi didukung oleh pengalaman mengajar dan banyaknya kegiatan pelatihan yang telah informan ikuti.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 01:54
Last Modified: 03 Apr 2018 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6602

Actions (login required)

View Item View Item