Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik MAN 2 Model Makassar

PERMANA, IMAM (2016) Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik MAN 2 Model Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL IMAM.docx

Download (119kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yaitu: (1) tingkat motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing; (2) tingkat motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional; (3) tingkat hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing; (4) tingkat hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional; (5) motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional; dan (6) hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitan eksperimen sesungguhnya dengan desain the randomized posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA MAN 2 Model Makassar terdiri dari enam kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 252 orang . Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik sampling acak kelompok yang terdiri dari dua kelas. Kelas pertama adalah kelas eksperimen yang diajar dengan metode penemuan terbimbing dan kelas kedua adalah kelas kontrol yang diajar secara konvensional. Setiap kelas terdiri dari 42 peserta didk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing berada pada kategori sedang; (2) motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional berada pada kategori tinggi; (3) hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing berada pada kategori tinggi; (4) hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional berada pada kategori tinggi (5) motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional; dan (6) hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 01:45
Last Modified: 03 Apr 2018 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6601

Actions (login required)

View Item View Item