Efektivitas penerapan investigasi kelompok dengan strategi heuristikdalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pinrang

Erwin,, Erwin, (2017) Efektivitas penerapan investigasi kelompok dengan strategi heuristikdalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel.docx

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan strategi heuristik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 5 SMK Negeri 1 PinrangM ditinjau dari: (1) Hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe investigasikelompokdenganstrategiheuristik, (2) Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan strategi heuristik (3) Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan strategi heuristik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semua tanpa kelas kontrol dengan desain one grup pretest and posttest.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 5 SMK Negeri 1 Pinrang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas perkantoran. Sampel penelitian ini semua siswa kelas XISMK Negeri 1 Pinrang yang berjumlah rata-rata 36 orang di setiap kelas, yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data peneltian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan angket. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa (posttest) (2) aktivitas siswa, dan (3) respons siswa. Jika ketiga indikator menunjukkan hasil yang terpenuhi dan signifikan, maka pembelajaran kooperatif tipe tipe investigasikelompokdenganstrategiheuristik terhadap hasil belajar matematika efektif. Hasil analisis statistika deskriptif rata-rata hasil belajar siswa (posttest) diperoleh 84,61 dengan ketuntasan klasikal 97% dan rata-rata nilai gain diperoleh 0,73 yang berada pada kategori tinggi. Sedangkan rata-rata aspek keseluruhan aktivitas siswa diperoleh 3,1 yang berada pada kategori aktif dan rata-rata respons siswa diperoleh 3,4 yang berada pada kategori cenderung positif. Hasil analisis statistika inferensial menggunakan uji-t data tunggal (one sample t-test) pada hasil belajar siswa (posstest), nilai gain, ketuntasan klasikal, dan respons siswa diperoleh nilai signifikan dalam hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga analisis statistika inferensial terhadap hasil belajar siswa (posstest), nilai gain, ketuntasan klasikal, dan respons siswa signifikan. Berdasarkan hasil analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial yang terpenuhi maka pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan strategi heuristikterhadap hasil belajar matematika efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 00:32
Last Modified: 03 Apr 2018 00:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6585

Actions (login required)

View Item View Item