Komparasi model pembelajarankooperatiftipe Teams Games Tournament (TGT) dantipe Number Heads Together (NHT) terhadaphasilbelajar SMP Negeri 20 Makassar.

Astniwaty, Anwar P (2014) Komparasi model pembelajarankooperatiftipe Teams Games Tournament (TGT) dantipe Number Heads Together (NHT) terhadaphasilbelajar SMP Negeri 20 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Astniwaty Anwar P.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Astniwaty Anwar P, 2014.Komparasi model pembelajarankooperatiftipe Teams Games Tournament (TGT) dantipe Number Heads Together (NHT) terhadaphasilbelajar SMP Negeri 20 Makassar.Skripsi. JurusanMatematikaFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar.PenelitianinimerupakanpenelitianQuasi eksperimen, yang melibatkanduakelompoksiswa yang diberiperlakuan yang berbeda.Kelompokpertamadiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatiftipe Teams Games Tournament (TGT) padakelas VIIIA yang dinamakankelaseksperimen I dankelompokkeduadiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatiftipe Number Heads Together (NHT) padakelas VIIIB yang dinamakankelaseksperimen II. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendiskripsikanketerlaksanaanpembelajaran, aktivitassiswadanhasilbelajar model pembelajarankooperatiftipe TGT dan HNT.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIII SMPN 20 Makassar dansampelterdiridariduakelasyang diplihmenggunakanteknik simple random sampling.Data dikumpulkandarilembarobservasiketerlaksanaanpembelajarandanlembarobservasiaktivitassiswasertateshasilbelajarmatematika, yaitu pretest dan posttest.Data dianalisissecaradeskriptifdanstatistikainferensial.Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwa (1) keterlaksanaanpembelajaranpada proses pembelajarandengan model kooperatiftipe TGT dikategorikanterlaksanadenganbaikdenganskor rata-rata total sebesar 3,80 (2) keterlaksanaanpembelajaranpada proses pembelajarandengan model kooperatiftipe NHT dikategorikanterlaksanadenganbaikdenganskor rata-rata total sebesar 3,83 (3) aktivitassiswaterhadap proses pembelajarandenganmodel kooperatiftipe TGT beradadalamkategoribaikdengan rata-rata aktivitasbelajarmatematikasiswasebesar 3,40 (4) aktivitassiswaterhadap proses pembelajarandengan model kooperatiftipe TGT beradadalamkategoribaikdengan rata-rata aktivitasbelajarmatematikasiswasebesar 3,32 (5) peningkatanhasilbelajarmatematikasiswa yang diajardenganmodel kooperatiftipe TGT dikategorikantinggidengan rata-rata 0,715. (6) peningkatanhasilbelajarmatematikasiswa yang diajardenganmodel kooperatiftipe NHTdikategorikansedangdengan rata-rata 0,662. Berdasarkananalisisinferensialnilai n-gain diperoleh nilai peluang ρ-value = 0,007 untuk α = 0,05, maka secara statistik hipotesis H0 ditolak. Sedangkan, berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian diperoleh T_hitung sebesar 2,797, sedangkan T_tabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (df = 58) yaitu sebesar 1,68, maka dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara skor hasil belajar matematikasiswa yang diajardengan model kooperatiftipe TGT dengan model kooperatiftipe NHT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:40
Last Modified: 29 Apr 2016 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item