NASRIATI, ASRA (2016) Komparasi Pembelajaran Advokasi Terbimbing dengan Pembelajaran Open-ended terbimbing ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Belopa. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
Artikel Asra Nasriati 14B07131.docx Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan : (1) Untuk mengetahui aktifitas siswa pada pembelajaran advokasi terbimbing (2) Untuk mengetahui aktifitas siswa pada pembelajaran Open-Ended terbimbing, (3) Untuk mengetahui tes hasil belajar siswa pada pembelajaran advokasi terbimbing, (4) Untuk mengetahui tes hasil belajar siswa pada pembelajaran open-ended terbimbing, (5) Untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa pada pembelajaran advokasi terbimbing dengan pembelajaran open-ended terbimbing, (6) Untuk mengetahui perbedaan tes hasil belajar siswa pada pembelajaran advokasi terbimbing dengan pembelajaran open-ended terbimbing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Belopa. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII/6 sebagai kelompok eksperimen I yang diajar menggunakan pembelajaran advokasi terbimbing dan kelas VIII/5 sebagai kelompok eksperimen II yang diajar menggunakan pembelajaran Open-ended terbimbing Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata aktivitas siswa pada eksperimen 1 adalah 19,04 dimana sekitar 7,41% siswa yang aktif dalam proses pembelajaran berada pada kategori tinggi, 92,59 % siswa yang aktif dalam proses pembelajaran berada pada kategori sedang, sedangkan rata-rata aktivitas siswa pada eksperimen 2 adalah 23,53 dimana sekitar 16,67% siswa yang aktif dalam proses pembelajaran berada pada kategori tinggi, 83,33 % siswa yang aktif dalam proses pembelajaran berada pada kategori sedang. Rata-rata tes hasil belajar siswa pada eksperimen 1 berdasarkan data klasifikasi gain adalah 0,40 dimana sekitar 7,40% berada pada kategori tinggi, 25,93% berada pada kategori sedang dan 66,67% berada pada kategori rendah. Sedangkan rata-rata tes hasil belajar siswa pada eksperimen 2 berdasarkan data klasifikasi gain adalah 0,55 dimana sekitar 10% berada pada kategori tinggi, 83,33 % berada pada kategori sedang dan 6,67% berada pada kategori rendah. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-Man Whitney U menunjukan bahwa terdapat perbedaan tes hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran advokasi terbimbing dengan pembelajaran open-ended terbimbing pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 02 Apr 2018 07:05 |
Last Modified: | 02 Apr 2018 07:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6548 |
Actions (login required)
View Item |