Pengaruh Model Pembelajaran dan Penalaran Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik MTs Kelas VIII Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar

AMRIANI., AMRIANI. (2016) Pengaruh Model Pembelajaran dan Penalaran Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik MTs Kelas VIII Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL AMRIANI.docx

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis Penelitian ini adalah penelitian unit satuan eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan penalaran matematis pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs DDI Kanang dan MTs. Ainun Sahab Polewali. Pengaruh pembelajaran yang dimaksud dalam hal ini apabila tes hasil belajar matematika, tes penalaran matematis, sikap peserta didik dan keterampilan peserta didik telah mempengaruhi hasil belajar matematika peserta didik. Instrumen dan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini telah dilakukan penyempurnaan berdasarkan masukan dan saran dari para validator yang kompoten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh MTs di Kecamatan Binuang dan sampel terdiri dari dua MTs yakni MTs eksperimen I diajarkan menggunakan model pembelajaran Berbasis masalah dan MTs eksperimen II diajarkan menggunakan model pembelajaran Langsung yang dipilih menggunakan teknik simple cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar peserta didik, data penalaran matematis, data sikap peserta didik, dan data keterampilan peserta didik dalam pembelajaran terhadap perangkat dan instrumen pembelajaran. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan penalaran matematis dalam pembelajaran matematika materi kubus dan balok pada peserta didik kelas VIII MTs DDI Kanang (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan penalaran matematis dalam pembelajaran matematika materi kubus dan balok pada peserta didik kelas VIII MTs Ainun Sahab (3) Model pembelajaran berbasis masalah lebih berpengaruh dari pada model pembelajaran langsung dalam pembelajaran matematika materi kubus dan balok pada peserta didik kelas VIII MTs di kecamatan Binuang (4) Hasil belajar dan penalaran matematis peserta didik kelas VIII MTs DDI Kanang yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah telah mencapai kriteria ketuntasan minimal, (5) Hasil belajar dan penalaran matematis peserta didik kelas VIII MTs Ainun Sahab yang diajar dengan model pembelajaran langsung telah mencapai kriteria ketuntasan minimal, (6) Kriteria ketuntasan minimal hasil belajar matematika dan penalaran matematis, peserta didik kelas VIII MTs DDI Kanang yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:54
Last Modified: 02 Apr 2018 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6542

Actions (login required)

View Item View Item