Pengaruh Teknik Konseling Naratif terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi Siswa di SMP Negeri 1 Labakkang Pangkep

WAHIDA, WAHIDA (2017) Pengaruh Teknik Konseling Naratif terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi Siswa di SMP Negeri 1 Labakkang Pangkep. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Wahida.doc

Download (1MB)

Abstract

Studi ini menelaah tentang Pengaruh Konseling Naratif Terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi Siswa.Masalah Dalam Penelitian ini adalah, 1.Bagaimanakah gambaran motivasi berprestasi siswa sebelum dan sesudah pemberian tekhnik konseling naratif di SMP negeri 1 labakkang Pangkep. 2.Bagaimanakah pengaruh tekhnik konseling siswa di SMP Negeri 1 Labakkang pangkep. Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui gambaran tingkat motivasi berprestasi siswa baik sebelum dan sesudah pemberian teknik konseling naratif di SMP Negeri 1 Labakkang Pangkep, 2) Untuk mengetahui pengaruh teknik konseling naratif terhadap peningkatan motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 1 Labakkang Pangkep Kab. Pangkep.Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labakkang Pangkep dengan jumlah populasi atau siswa yang teridentifikasi motivasi brespestasi rendah sebanyak 6 orang dan kemudian menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subjek penelitian sebanyak 2 orang. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis penelitian single subject yang menggunakan desain A1-B-A2. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu mengacu pada prosedur single subject research, yaitu: (1) Tabel baseline dan intervensi tiap target behavior (2) Grafik analisis metode belah dua (3) Hasil analisis visual dalam kondisi yang terdiri dari panjang kondisi, estimasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data, level stabilitas dan rentang, level perubahan (4) Hasil analisis visual antar kondisi yang terdiri dari jumlah variabel yang diubah, perubahan kecenderungan arah dan efeknya, perubahan kecenderungan stabilitas, perubahan level dan persentase overlap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gambaran motivasi siswa berprestasi sebelum penggunaan ini berada pada kategori rendah dan sesudah pemberian teknik konseling naratif di SMPN1 Labakkang pangkep dapat meningkat, 2) Teknik konseling naratif dapat mempengaruhi peningkatan motivasi berprestasi siswa di SMP 1 Labakkang pangkep.Dan data point pada fase A1-B-A2 pada subjek 1 (FF) dan subjek 2 (WA) mengalami peningkatan motivasi berprestasi yaitu, mampu mengekspresikan keinginan untuk berprestasi, memiliki inisiatif dan mampu bertanggung jawab.Dari hasil intervensi yang diberikan dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi siswa dapat meningkat melalui teknik naratif konseling. Kata kunci: naratifkonseling, motivasiberprestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:02
Last Modified: 02 Apr 2018 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6521

Actions (login required)

View Item View Item