Efek Hawthorne dalam Pelaksanaan Lesson Study pada SMP Berakredtiasi Berbeda di Kabupaten Bantaeng

TAKDIRMIN., TAKDIRMIN. (2017) Efek Hawthorne dalam Pelaksanaan Lesson Study pada SMP Berakredtiasi Berbeda di Kabupaten Bantaeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
2. BAB I Efek Hawthorne.docx

Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah Efek Hawthorne dalam Pelaksanaan Lesson Study efektif dilaksanakan pada sekolah yang berakreditasi berbeda, (2) bagaimana pengaruh efek hawthorne dalam pelaksanaan Lesson Study, dan (3) Bagaimana Perbandingan pengaruh efek hawthorne dalam penerapan Lesson Study berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Mix Method yaitu kombinasi penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen yang terdiri dari tiga kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan: (1) Tes Hasil Belajar, (2) Lembar Observasi Keterlaksanaan Lesson StudyEfek Hawthorne, (3) Lembar Observasi Aktivitas Siswa, (4) Respons Siswa, (5) Pedoman Wawancara, dan (6) Panduan Focus Group Discussion (FGD) Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Bantaeng yang berakreditasi A B, dan C. Teknik pengambilan sampel dengandoublepurposive random sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah kelas VIII.A SMP Negeri 2 Tompobulu (Akreditasi A), kelas VIII.C SMP Negeri 1 Eremerasa (Akreditasi B), dan kelas VIII.C SMP Negeri 2 Bissappu (Akreditasi C) Hasil penelitian menunjukkan; (1) EfekHawthorne dalam Pelaksanaan Lesson Study efektif dilaksanakan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII pada SMP Berakreditasi A, B, dan C di Kabupaten Bantaeng. Indikator keefektifan ditandai dengan (a) rata-rata gain ternormalisasi pada tiga sekolah berbeda secara deskriptif dan inferensial berada pada kategori minimal sedang, (b) rata-rata aktivitas siswa pada tiga sekolah berbeda secara deskriptif dan inferensial berada pada kategori minimal baik, (c) rata-rata respons siswa pada tiga sekolah berbeda secara deskriptif dan inferensial berada pada kategori minimal cenderung postif, dan (d) tidak terdapat perbedaan secara signifikan di tiga sekolah berbeda baik gain ternormalisasi, aktivitas siswa, dan respon siswa(2) Pengaruh Efek Hawthorne dalam Pelaksanaan Lesson Study secara umum berpengaruh positif. Pengaruh Efek Hawthorne bagi siswa dengan tingkat kemampuan Matematika tinggi (ekstrim tinggi/SET) adalah (1) SET menunjukkan sikap sungguh-sungguh dan memperbaiki diri, (2) SET menunjukkan sikap sungguh-sungguh dan termotivasi (3) SET senang dengan Kamera dan Pengamat, dan (4) SET bersemengat dengan megulang kembali pembelajaran di rumah. Sedangkan bagi siswa dengan tingkat kemampuan Matematika rendah (ekstrim rendah/SER) adalah (1) SER hanya menunjukkan sikap sungguh-sungguh, dan (2) SER merasa senang jika dilakukan terus menerus, dan (3) SER tidak mengulang kembali pembelajaran dirumah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 05:49
Last Modified: 02 Apr 2018 05:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6515

Actions (login required)

View Item View Item