EfektifitasPemanfaatan Tutor SebayaDalamPembelajaranBahasa Indonesia TerhadapKemampuanMembacaPemahamanSiswaKelas V SD Negeri 55 Parepare

HASMAWATI, HASMAWATI (2016) EfektifitasPemanfaatan Tutor SebayaDalamPembelajaranBahasa Indonesia TerhadapKemampuanMembacaPemahamanSiswaKelas V SD Negeri 55 Parepare. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
PENDAHULUA1.docx

Download (31kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntuk: Mengetahuigambaranpemanfaatan tutor sebaya, gambarantingkatkemampuanmembacapemahamansiswasebelumdansesudahpemanfaatan tutor sebayadanUntukmengetahuiefektifitaspemanfaatan tutor sebayadalampembelajaranbahasa Indonesia terhadapkemampuanmembacapemahamansiswakelas V SD Negeri 55 Parepare.Adapunjenispenelitianiniadalah trueeksprimen, dengandesainpenelitian pretest dan posttest one group desaign.Tehnikpengumpulandatanyadilakukanmelaluiobservasidantest.Subyekpenelitianterdiridari 25 orang siswaSekolahDasarNegeri 55 Pareparedaripopulasi 50 orang siswa.Datadianalisisdengananalisisdeskriptifdananalisisinferensialdenganbantuanaplikasai SPSS 21 for windows.Dimana Hasilpenelitian,menunjukkanbahwakemampuanmembacapemahamandenganmenggunakantekhnik tutor sebayasebelumdiberiperlakuankecenderunganberadapadakategorirendahdansedangtetapisetelahdiberiperlakuanterjadipeningkatandimanakemampuanmembacapemahamananakdenganpemanfaatanteknik tutor sebayaberadapadakategorisedangdantinggi. AnalisisInferensialnyamenunjukkanadapengaruhpemanfaatantekhnik tutor sebayaterhadappeningkatankemampuanmembacapemahamanpadasiswa. Kata Kunci: Tutor Sebaya, MembacaPemahaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 05:32
Last Modified: 02 Apr 2018 05:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6507

Actions (login required)

View Item View Item