PeningkatanAktivitasdanHasilBelajarSiswaKelasVIII.A MTsNPangkajeneSidrapMelalui Model PembelajaranKooperatifTipe Make A Match

AQSHA, MUHAMMAD (2017) PeningkatanAktivitasdanHasilBelajarSiswaKelasVIII.A MTsNPangkajeneSidrapMelalui Model PembelajaranKooperatifTipe Make A Match. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (18kB)

Abstract

Pendidikanbagikehidupanumatmanusiamerupakankebutuhanmutlak yangharusdipenuhisepanjanghayat yang perludikelola, secarasistematisdankonsistenberdasarkanberbagaipandanganteoretikaldanpraktikalsepanjangwaktusesuaidenganlingkunganhidupmanusiaitusendiriKenyataan yang terjadi di lapanganmasihbelumsesuaidengan yang diharapkan. BerdasarkanhasilobservasipadabulanJuni 2016, pelaksanaanpembelajaran IPA di kelasVIIIMTsNPangkajeneKabupatenSidrap, diperolehbahwaketerlibatanbelajarpesertadidikselama proses pembelajaran di kelastersebutmassihrendahhanyasekitar 25% pesertadidik yang aktifterlibatdalam proses pembelajaran. Olehkarenaiturumusanmasalah (i) Bagaimanapeningkatanaktivitasbelajar IPA pesertadidik di kelas VIII. A MTsNPangkajeneSidrapmelaluipenerapanmetodeMake A Match ? (ii) BagaimanapeningkatanhasilbelajarIPA pesertadidik di kelas VIII. A MTsNPangkajeneSidrapmelaluipenerapanmetodeMake A Match ? Tujuanpenelitian (i) Untukmeningkatkanaktivitasbelajar IPA pesertadidik di kelas VIII. A MTsNPangkajeneSidrapmelaluipenerapanmetodeMake A Match (ii) UntukmeningkatkanhasilbelajarIPA pesertadidik di kelas VIII. A MTsNPangkajeneSidrapmelaluipenerapanmetodeMake A Match ? Hasil rata-rata aktivitaspesertadidikpadasiklus I adalah 78,33dengankriteriabaik. Rata-rata aktivitaspesertadidikpadasiklus II adalah 83,40dengankriteriabaik pula. Model pembelajarankooperatiftipeMake A Match dapatmeningkatkanaktivitaspesertadidik.Rata-rata hasilbelajar yang diperolehpadapembelajaran IPA Terpadumelalui model pembelajarankooperatiftipeMake A Match yaknisiklus I dengan rata-rata 72,50. Siklus II didapatkanhasil rata-rata hasilbelajarnyaadalah 80,33. Sedangkanpersentaseketuntasan yang diperolehpadasetiapsiklusadalahsiklus I persentaseketuntasanklasikaladalah 60%, padasiklus II adalah 93% .Model pembelajarankooperatiftipeMake A Match dapatmeningkatkanhasilbelajar. Kata kunci: Make A Match ,AktivitasBelajar, HasilBelajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:05
Last Modified: 02 Apr 2018 04:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6484

Actions (login required)

View Item View Item