Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Bontomatene Kabupaten Selayar

Takbir, Faisal (2018) Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Bontomatene Kabupaten Selayar. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 BONTOMATENE KABUPATEN SELAYAR.pdf

Download (135MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bontomatene Kabupaten Selayar yang berjumlah 41 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel total, sehingga diperoleh sampel sebanyak 41 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang berupa lembar tugas sebagai instrumen. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerpen, yaitu (1) pada aspek kesesuaian isi, tergolong dalam kategori kurang mampu dengan nilai rata-rata 55.49. (2) pada aspek tema, tergolong dalam kategori kurang mampu dengan nilai rata-rata 57.62. (3) pada aspek alur, tergolong dalam kategori tidak mampu dengan nilai rata-rata 52. (4) pada aspek tokoh dan penokohan tergolong dalam kategori tidak mampu dengan nilai rata-rata 49.39. (5) pada aspek latar tergolong dalam kategori kurang mampu dengan nilai ratarata 58.53. (6) pada aspek sudut pandang tergolong dalam kategori tidak mampu dengan nilai rata-rata 37.19. (7) pada aspek pesan tergolong dalam kategori tidak mampu dengan nilai rata-rata 37.19. (8) pada aspek penggunaan bahasa tergolong dalam kategori tidak mampu dengan nilai rata-rata 41.46. Secara keseluruhan, kemampuan menulis cerpen siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Bontomatene Kabupaten Selayar dikategorikan tidak mampu dengan nilai rata-rata 52.44. Dengan demikian, siswa masih membutuhkan bimbingan yang lebih oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia pada aspek kesesuaian isi, tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, sudut pandang, pesan, dan penggunaan bahasa dan tanda baca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 01:17
Last Modified: 02 Apr 2018 01:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item View Item