Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS-NHT dengan tipe TPS-TGT pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Makassar

ARAS, ANDI (2017) Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS-NHT dengan tipe TPS-TGT pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKELKU.docx

Download (51kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS-NHT pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 1 Makassar; (2) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS-TGT pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 1 Makassar; (3) Untukmengetahuiperbedaankeefektifanpembelajaranantarapesertadidik yang memperolehpenerapanmodel kooperatiftipe TPS-NHT denganpesertadidik yang memperolehpenerapan model pembelajarankooperatiftipe TPS-TGT dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas VIII.4 diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS-NHT dan kelas VIII.5 diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS-TGT yang di ambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil belajar peserta didik, data motivasi belajar peserta didik, data aktivitas peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran, dan data respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil belajar matematika siswa di kelas VIII.4 berada pada kategori tinggi dengan mean 83,85 dan deviasi standar 11,51, ketuntasan secara klasikal sebesar 85%, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori tinggi, skor rata-rata motivasi belajar peserta didik berada pada kategori tinggi, rata-rata gain ternormaliusasi motivasi belajar berada pada kategori sedang, aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berada pada kategori baik, dan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS-NHT adalah positif. Secara umum disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS-NHT efektif diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas VIII.4 SMP N 1 Makassar. Skor hasil belajar matematika siswa di kelas VIII.5 berada pada kategori tinggi dengan mean 80,15 dan deviasi standar 9,79, ketuntasan secara klasikal sebesar 82,5%, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori tinggi, skor rata-rata motivasi belajar peserta didik berada pada kategori tinggi, rata-rata gain ternormaliusasi motivasi belajar berada pada kategori sedang, aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berada pada kategori baik, dan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS-TGT adalah positif. Secara umum disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS-TGT efektif diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas VIII.5 SMP N 1 Makassar. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dengan uji-t menunjukkan bahwa H0 diterima yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran antara peserta didik yang memperoleh penerapan model kooperatif tipe TPS-NHT dengan peserta didik yang memperoleh penerapan model kooperatif tipe TPS-TGTdalam pembelajaran matematika pada materi SPLDV di kelas VIII SMP N 1 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 08:28
Last Modified: 29 Mar 2018 08:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6428

Actions (login required)

View Item View Item