Persepsi Guru terhadap Implementasian Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

CARONGE, MARLIANI PUTRI (2016) Persepsi Guru terhadap Implementasian Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
CHAPTER I.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi Kurikulum 2013 dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Makassar, (2) Persepsi guru terhadap penerapan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah mixed method, metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah dua guru Bahasa Inggris pada SMA Negeri 1 Makassar yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam. Data kualitatif dianalisis dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan gambaran kesimpulan. Data kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi terhadap proses belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada proses belajar dengan lumayan (78%), (2) Persepsi guru terhadap pengimplementasian Kurikulum 2013 adalah positif akan tetapi terdapat beberapa kendala. Salah satunya adalah keterbatasan waktu. Seringkali, materi yang diajarkan belum selesai akan tetapi waktunya telah habis. Selain itu, rumitnya sistem penilaian dan pemahaman guru yang masih kurang terhadap Kurikulum 2013 menjadi kendala dalam mengimplemenatsikan kurikulum tersebut. Meskipun demikian, Kurikulum 2013 juga memiliki kelebihan. Kurikulum 2013 lebih detail dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya dan membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:54
Last Modified: 29 Mar 2018 07:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6416

Actions (login required)

View Item View Item