Aryni, Yesi Rezki (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe CRH dengan Pendekatan Pemecahan Masalah terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Diploma thesis, FMIPA.
|
Text
SKRIPSI YESI REZKI ARYNI (1311040012).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan pemecahan masalah dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan pemecahan masalah dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan pemecahan masalah terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng pada semester ganjil 2017/2018. Peneliti memilih dua kelas dengan cluster random sampling. Data diperoleh dari hasil observasi, angket dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) rata-rata skor motivasi belajar dan skor peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan Pendekatan Pemecahan Masalah dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berturut-turut adalah: (i) 159,81 dan 0,51; dan (ii) 142,75 dan 0,289; (2) rata-rata nilai hasil belajar dan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan pemecahan masalah dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara berturut-turut adalah: (i) 72,71 dan 0,63; dan (ii) 54,65 dan 0,37. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan pemecahan masalah terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri dilihat dari adanya perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan pemecahan masalah dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan peningkatan yang lebih tinggi ada pada kelas CRH.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) FMIPA |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 07:51 |
Last Modified: | 29 Mar 2018 07:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6415 |
Actions (login required)
View Item |