Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa pada Materi Tumbuhan (Plantae) Kelas X MIA 2 SMA Negeri 11 Maros Baru

ROSIDAH, ROSIDAH (2017) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa pada Materi Tumbuhan (Plantae) Kelas X MIA 2 SMA Negeri 11 Maros Baru. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (51kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas kognitif, afektif, psikomotorik dan hasil belajar biologi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together siswa kelas X MIA 2 SMAN 11 Maros Baru. Data penelitian mengenai aktivitas kognitif, afektif dan psikomotorik siswa diperoleh melalui lembar observasi dengan teknik penilaian produk dan performa diskusi diisi oleh observer dan data hasil belajar biologi siswa diperoleh dari nilai tes evaluasi pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian terjadi peningkatan aktivitas kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada siklus II. Aktivitas belajar kognitif sebesar 44,1% pada kategori sangat baik dan 51,5% pada kategori baik dari siklus I ke siklus II dan telah mencapai 70% secara klasikal peserta didik berada pada kategori baik dan sangat baik. Aktivitas belajar afektif sebesar 39,7% pada kategori sangat baik dan 60,3% pada kategori baik dari siklus I ke siklus II dan telah mencapai 70% secara klasikal peserta didik berada pada kategori baik dan sangat baik Aktivitas belajar psikomotorik sebesar 44,1% pada kategori sangat baik dan 55,9% pada kategori baik dari siklus I ke siklus II dan telah mencapai 70% secara klasikal peserta didik berada pada kategori baik dan sangat baik. Tes hasil belajar siswa pada materi tumbuhan (plantae) dengan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 67,65%, pada siklus II meningkat menjadi 94,12%. Dan telah mencapai 75% dari siswa yang memperoleh nilai tuntas secara klasikal. dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas X MIA 2 SMAN 11 Maros Baru pada materi tumbuhan (plantae) dapat meningkatkan aktivitas kognitif, afektif, psikomotorik hasil belajar biologi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 06:58
Last Modified: 29 Mar 2018 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6399

Actions (login required)

View Item View Item