Analisis Tren Penelitian Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Kelas International di Universitas Negeri Makassar

Muhiddin, Muhiddin (2018) Analisis Tren Penelitian Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Kelas International di Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Muhiddin_1111040192_ID.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana deskripsi tren penelitian skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Kelas Internasional (ICP) di UNM dari sudut pandang jenis dan topik penelitian dalam kurung tahun 2015, 2016, dan 2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian gabungan model sequential explanatory (kuantitatif – kualitatif). Pada fase pertama, data kuantitatif diambil dari dokumen skripsi mahasiswa ICP yang diserahkan pada Perpustakaan Jurusan Matematika, UNM. Data tersebut dianalisis menurut model Miles dan Huberman. Berdasarkan analisis tersebut ditemukan bahwa topik-topik penelitian, secara keseluruhan (264 topik) dapat dikelompokkan dalam 3 kategori, yaitu 1) topik penelitian yang terkait aspek afektif (12%), dimana efikasi diri, kepercayaan diri, kecemasan, motivasi, dan minat belajar menjadi tren pada tahun 2016; 2) aspek kognitif (45%), dimana hasil, prestasi, dan kualitas belajar merupakan tren penelitian di setiap tahun dan cenderung menurun; 3) aspek pedagogi (39%), dimana model pembelajaran (kooperatif) merupakan tren di setiap tahun dan cenderung menurun. Jenis penelitian, secara keseluruhan (dari 103 penelitian), dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu 1) jenis penelitian kuantitatif (72%), dimana kuasi eksperimen menempati posisi tertinggi (42%), diikuti pre eksperimen (36%), kemudian ex post facto (20%), dan korelasional (1%); 2) jenis penelitian kualitatif (26%), dimana sebagian besar adalah kualitatif deskriptif (93%), sisanya (7%) adalah korelasional dan studi kasus; dan 3) jenis penelitian gabungan (2%). Jumlah penelitian kuantitatif terus mengalami penurunan selama 3 tahun terakhir ini. Sebaliknya, untuk penelitan kualitatif justru mengalami peningkatan. Untuk mengetahui penyebab tren penggunaan jenis penelitian oleh mahasiswa, maka penelitian ini dilanjutkan ke fase kedua melalui wawancara dengan teknik pemilihan responden secara stratified purposeful sampling. Berdasarkan hasil analisis wawancara diketahui bahwa mahasiswa beralih menggunakan jenis penelitian kualitatif karena rasa jenuh mahasiswa melihat penelitian–penelitian sebelumnya yang didominasi oleh jenis penelitian kuantitatif; kedua, karena adanya dorongan oleh dosen agar mahasiswa memberanikan diri mencoba jenis penelitian kualitatif; dan terakhir, karena adanya perubahan kurikulum mata kuliah metode penelitian kualitatif dari "pilihan" menjadi "wajib".

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 05:24
Last Modified: 29 Mar 2018 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6365

Actions (login required)

View Item View Item