Analisis Butir Soal Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Matematika SMA Kelas XII

NURSALIM, NURSALIM (2017) Analisis Butir Soal Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Matematika SMA Kelas XII. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
02. ARTIKEL HASIL PENELITIAN.docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Mata Pelajaran Matematika SMA Kelas XII di Sulawesi Selatan ditinjau dari (i) analisis rasional, (ii) analisis empirik yakni tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas butir dan reliabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yakni menggambarkan kualiatas 1 paket soal dengan jumlah 25 butir soal dan 131 lembar jawaban responden baik secara rasional maupun empirik. Analisis secara rasional dilakukan untuk melihat kesesuaian soal dengan materi, konstruksi dan bahasa dari soal. Sedangkan analisis empiris dilakukan untuk melihat karakteristik butir yang meliputi tingkat kesukaran, daya beda, efektifitas pengecoh, validitas butir dan reliabilitas. Analisis rasional menunjukkan bahwa instrumen tes Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Matematika SMA Kelas XII memiliki relevansi kuat dengan koefisien validasi isi lebih dari 0,75 yaitu V =100%. Analisis empiris, tingkat kesukaran diperoleh 4 butir sukar, 16 butir sedang dan 5 butir mudah. Analisis daya beda butir terdapat 3 butir tidak baik, 5 butir kurang (perlu revisi), 8 butir baik dan tidak perlu direvisi, dan 9 butir sangat baik. Analisis efektivitas distraktor, 1 butir tidak berfungsi pengeconnya. Berdasarkan hasil analisis validitas butir, 3 butir tidak valid. Tiga (3) butir tidak valid tersebut terjadi dikarenakan tidak mampunya butir tesebut membedakan peserta tes yang pandai dengan kurang pandai. Sedangkan analisis reliabilitas, diperoleh koefisien reliabilitas 0,7 dan dapat diartikan bahwa, soal Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Matematika SMA Kelas XII tidak konsisten. Hal ini berarti bahwa apabila dilakukan tes serupa pada peserta yang sama atau peserta lainnya yang memiliki kemampuan sama dengan waktu tes berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:44
Last Modified: 29 Mar 2018 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6317

Actions (login required)

View Item View Item