Sahnir, Nurachmy (2017) Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Dua Dimensi dengan Pendekatan SAVI dalam Pelajaran Seni Budaya Kelas X MAN 1 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.
|
Text
Artikel Tesis.pdf Download (352kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Dua Dimensi dengan Pendekatan SAVI dalam Pelajaran Seni Budaya Kelas X MAN 1 Makassar. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui beberapa cara yaitu: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yaitu menguraikan atau memaparkan tentang Keterlaksanaan Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Dua Dimensi dengan Pendekatan SAVI dalam Pelajaran Seni Budaya Kelas X MAN 1 Makassar. Hasil penelitian dalam keterlaksanaan pembelajaran pendekatan SAVI, menggunakan guru seni rupa sebagai pemodel dan siswa kelas X MIA 2 MAN 1 Makassar sebanyak 37 orang siswa yang menjadi kelas normal pada pembelajaran apresiasi seni. Model apresiasi seni rupa yang digunakan yaitu model apresiasi seni melalui telaah karya dengan 4 tahap pembelajaran yaitu (1) Menentukan topik, (2) Kegiatan Awal Pembelajaran, (3) Proses Pembelajaran, dan (4) Evaluasi/penilaian, dengan penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) semua disusun dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Model pembelajaran pendekatan SAVI terlaksana sebagaimana yang diharapkan dan berlangsung dalam 3 pertemuan. Keterlaksanaan model tersebut berkat faktor pendukung : (1) Skill guru dalam mengajar, (2) Kelengkapan media pembelajaran, dan (3) Motivasi guru kepada siswa. Adapun faktor penghambat yaitu: (1) kesulitan dalam memahami karakter siswa, (2) Sarana prasarana yang terbatas dan (3) Keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2) PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 02:27 |
Last Modified: | 29 Mar 2018 02:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6291 |
Actions (login required)
View Item |