MUJID, ABDUL (2015) Pengaruh Strategi Self Regulated Learning dan Locus of Control Terhadap Hasil Belajar IPA FISIKA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tutallu Kabupaten Polewali Mandar. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
JURNAL.docx Download (849kB) |
Abstract
ABSTRAK Jenis penelitian adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan factorial 2 x 2, yang bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA Fisika antara yang diajar menggunakan strategi self regulated learning dan yang diajar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori (2) ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA Fisika kelompok locus of control tinggi antara yang diajar menggunakan strategi Self Regulated Learning dan yang diajar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori (3) ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA Fisika kelompok locus of control rendah antara yang diajar menggunakan strategi Self Regulated Learning dan yang diajar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori (4) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan locus of control dalam pencapaian hasil belajar IPA Fisika. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan strategi self regulated learning dan kelas kontrol dengan strategi pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penulisan ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tutallu, terdiri atas empat kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 86, sedangkan sampelnya yaitu kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 42 orang. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara keseluruhan terdapat perbedaan hasil belajar IPA Fisika antara yang diajar menggunakan strategi self regulated learning dan yang diajar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, dimana SRL lebih unggul dibanding SPE (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA Fisika kelompok locus of control tinggi antara yang diajar menggunakan strategi Self Regulated Learning dan yang diajar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori di mana SPE lebih unggul daripada SRL. (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA Fisika kelompok locus of control rendah antara yang diajar menggunakan strategi Self Regulated Learning dan yang diajar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori di mana SPE lebih unggul daripada SRL. (4) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan locus of control dalam pencapaian hasil belajar IPA Fisika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > FISIKA (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 08:13 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 08:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6258 |
Actions (login required)
View Item |