SURAHMAN, SURAHMAN (2017) Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri-Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Servis Engine di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). S1 thesis, 2017.
|
Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI-JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SERVIS ENGINE DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK).pdf Download (816kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran inkuiri-jigsaw untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap servis engine di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen, dengan desain one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas eksperimen SMKN 2 Enrekang tahun pelajaran 2016/2017 yang ditentukan secara acak. Data penelitian berupa skor hasil belajar dari 20 butir soal pilihan ganda, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Analisis data penelitian menggunakan uji-t dan presentase klasikal. Hasil penelitian pembelajaran pemeliharaan/servis engine menunjukkan bahwa: (1) implementasi model pembelajaran inkuiri-jigsaw secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa setiap pertemuan selalu meningkat dilihat dari hasil observasi saat pembelajaran, (3) model pembelajaran inkuiri-jigsaw direspon positif oleh siswa untuk diterapkan selama proses pembelajaran khususnya pada materi servis engine. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri-jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMKN 2 Enrekang pada materi servis engine.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 08:10 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 08:10 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6253 |
Actions (login required)
View Item |