Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri-Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Servis Engine di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

SURAHMAN, SURAHMAN (2017) Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri-Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Servis Engine di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). S1 thesis, 2017.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI-JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SERVIS ENGINE DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK).pdf

Download (816kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran inkuiri-jigsaw untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap servis engine di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen, dengan desain one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas eksperimen SMKN 2 Enrekang tahun pelajaran 2016/2017 yang ditentukan secara acak. Data penelitian berupa skor hasil belajar dari 20 butir soal pilihan ganda, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Analisis data penelitian menggunakan uji-t dan presentase klasikal. Hasil penelitian pembelajaran pemeliharaan/servis engine menunjukkan bahwa: (1) implementasi model pembelajaran inkuiri-jigsaw secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa setiap pertemuan selalu meningkat dilihat dari hasil observasi saat pembelajaran, (3) model pembelajaran inkuiri-jigsaw direspon positif oleh siswa untuk diterapkan selama proses pembelajaran khususnya pada materi servis engine. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri-jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMKN 2 Enrekang pada materi servis engine.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 08:10
Last Modified: 28 Mar 2018 08:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6253

Actions (login required)

View Item View Item