Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Melalui Media Gambar Berseri Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 3 Makassar

GENDA, SITTI HASNIYAH (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Melalui Media Gambar Berseri Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 3 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus diajarkan di SMA/MA dalam pembelajaran bahasa pada umumnya dan bahasa Jerman pada khususnya. Menulis merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keterampilan berbahasa yang lain.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar berseri pada keterampilan menulis siswa MAN 3 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dan dilaksanakan dengan 4 tahapan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yaitu data yang mendeskripsikan proses hasil belajar yang diperoleh melalui observasi, sedangkan data yang bersifat kuantitatif diperoleh dari hasil tes siklus pertama dan siklus kedua. Untuk menganalisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 74,48% sedangkan pada siklus II nilai yang diperoleh siswa adalah 77,76%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis Siswa kelas XI IPA 1 MAN 3 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA JERMAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 07:41
Last Modified: 28 Mar 2018 07:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6242

Actions (login required)

View Item View Item