Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 2 Marioriawa

Syahriani, Syahriani (2016) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 2 Marioriawa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
PENDAHULUAN.docx

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT); (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung; (3) apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mengalami peningkatan dilihat dari hasil pre-test dan post-test; (4) apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung mengalami peningkatan dilihat dari hasil pre-test dan post-test; (5) apakah peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Marioriawa pada semester genap 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas.Peneliti memilih dua kelas dengan menggunakan simple random sampling.Data diperoleh dari hasil observasi, angket dan tes.Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) rata-rata hasil pre-test dan post-test siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pembelajaran langsung berturut-turut adalah: (i) 27,31 dan 83,69; dan (ii) 27.07 dan 74,33. Hasil dari analisis statistika infrensial adalah: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) mengalami peningkatan dilihat dari hasil pre-test dan post-test; (2) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung mengalami peningkatan dilihat dari hasil pre-test dan post-test; (3) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Model Pembelajaran Langsung dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 05:45
Last Modified: 28 Mar 2018 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6206

Actions (login required)

View Item View Item