Strategi Siswa Kurang Mampu Dalam Mempertahankan Prestasi Di SMA Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep

S, Ruslan (2016) Strategi Siswa Kurang Mampu Dalam Mempertahankan Prestasi Di SMA Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
9. BAB I-2.docx

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi siswa kurang mampu dalam mempertahankan prestasi di SMA Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. 2) Apa saja Kendala-Kendala yang di hadapi siswa kurang mampu dalam mempertahankan prestasi belajar di SMA Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 15 orang dengan kriteria siswa kurang mampu dan berprestasi. Teknik pengumpulan data yang di lakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, sebanyak 15 orang. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data adalah triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang di lakukan siswa kurang mampu dalam mempertahankan prestasi belajar di sekolah SMA Negeri 1 Bungoro adalah dengan adanya perencanaan belajar yang baik, Seperti: (a) membantu orangtua (Pekerjaan Rumah) sambil mengerjakan tugas sekolah, (b) mengumpulkan informasi melalui media massa, (c) memperbanyak membaca buku, (d) mengulangi pelajaran sebelumnya di rumah dan di sekolah, belajar kelompok. 2. Kendala yang di hadapi siswa kurang mampu dalam mempertahankan prestasi di sekolah SMA Negeri 1 Bungoro adalah seperti dengan banyaknya tugas yang di berikan di sekolah oleh guru, sehingga (a) menimbulkan rasa malas dan mengerjakan tugas karena melihat banyaknya tugas yang menumpuk, (b) kurangnya alat belajar yang menunjang proses belajar siswa seperti dengan kurangnya buku-buku pelajaran karena harus meminjam di perpustakaan, tidak memiliki laptop untuk memudahkan melakukan pengerjaan tugas, dan kendala yang lainnya adalah Pengaruh dari teman sebaya biasanya mengajak untuk keluar berjalan-jalan dan bermain sehingga melupakan kewajiban siswa sebagai pelajar yakni belajar, belajar dan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 05:24
Last Modified: 28 Mar 2018 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6195

Actions (login required)

View Item View Item