Fitriani, Fitriani (2016) Peranan PGRI Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
BAB I.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peran PGRI dalam meningkatkan kompetensi guru di Kecamatan Manggala Kota Makassar. 2) Mengetahui faktor pendorong PGRI dalam meningkatkan kompetensi guru di Kecamatan Manggala Kota Makassar. 3) Mengetahui faktor penghambat PGRI dalam meningkatkan kompetensi guru di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Pengurus PGRI Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jumlah informan sebanyak 10 orang. Teknik dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang digunakan yaitu Pengurus inti sebanyak 6 orang yang aktif dan 4 orang guru Kecamatan Manggala. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran PGRI dalam meningkatkan kompetensi guru di Kecamatan Manggala Kota Makassar yaitu meningkatkan kesejahteraan guru-guru, meningkatkan sumber daya manusia anggota, meningkatkan karier guru, pemberian advokasi guru. 2) Faktor pendorong PGRI dalam meningkatkan kompetensi guru di Kecamatan Manggala Kota Makassar adalah meningkatkan kualifikasi pendidikan guru, adanya sertifikasi guru. 3) Faktor penghambat PGRI dalam meningkatkan kompetensi guru di Kecamatan Manggala Kota Makassar adalah guru yang masih banyak ketinggalan IPTEK, serta pengembangan kompetensi guru yang tidak berjalan sesuai tujuan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi |
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 05:21 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 05:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6193 |
Actions (login required)
View Item |