Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 14 Makassar

SUSILAWATI, SUSILAWATI (2017) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 14 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle. Penelitian ini menggunakan Quasy Experimental Design. Data dianalisis dengan analisis statisitk inferensial uji-t. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Makassar yang terdiri atas 5 kelas sejumlah 176 siswa. Jumlah sampel sebanyak 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan th (12,174) > tt (1,711) pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle efektif dalam keterampian berbicara siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA JERMAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 03:18
Last Modified: 28 Mar 2018 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6174

Actions (login required)

View Item View Item