Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepasifan dan Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Balusu

Hardianty M, Hardianty M (2017) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepasifan dan Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Balusu. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepasifan dan Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Balusu.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa ketika belajar matematika serta banyaknya siswa di SMPN 1 Balusu yang kesulitan ketika belajar matematika di dalam kelas. Untuk mengetahui penyebabnya maka dirumuskan pertanyaan penelitian yaitu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepasifan dan kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika dengan tujuan agar diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kedua permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuallitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Balusu yang terletak di Madello, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru. Subjek yang dipilih adalah 3 siswa yang berperilaku pasif dan 3 siswa yang kesulitan dalam belajar matematika. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, kuesioner dan pedoman wawancara. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pengisian kuesioner dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pemaparan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kepasifan siswa yaitu, cara mengajar guru yang monoton dan kurang inovatif, siswa yang malu atau takut untuk bertanya, malas untuk mengerjakan soal-soal, siswa yang kurang paham materi, tidak adanya ketertarikan siswa dalam pembelajaran matematika, dan ketika melihat teman yang lebih aktif membuat siswa yang lain akan kurang percaya diri. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yaitu, kesehatan yang kurang baik, kemampuan matematika siswa yang rendah, minat belajar matematika siswa yang rendah, penjelasan materi dari guru yang kurang baik, keadaan kelas yang ribut dan panas, dan referensi pembelajaran yang kurang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 05:55
Last Modified: 27 Mar 2018 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6115

Actions (login required)

View Item View Item