Hubungan Konsep Diri Akademik dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Akademik Siswa Kelas V SDN sekecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

A. HARYATI, A. HARYATI (2017) Hubungan Konsep Diri Akademik dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Akademik Siswa Kelas V SDN sekecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. S1 thesis, pascasarjan.

[img] Text
ARTIKEL (A. HARYATI 15B14057).docx

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran konsep diri akademik, kecerdasan emosional, dan prestasi akademik siswa kelas V SDN sekecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, (2) mengetahui hubungan antara konsep diri akademik dengan prestasi akademik siswa kelas V SDN sekecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, (3) mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik siswa kelas V SDN sekecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, dan (4) mengetahui hubungan antara konsep diri akademik dan kecerdasan emosional dengan prestasi akademik siswa kelas V SDN sekecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di Tanete Riattang Kabupaten Bone, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah multy stage random sampling dengan besaran sampel 200 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data sampel penelitian berupa data kuantitatif, yang dianalisis secara analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran konsep diri akademik, kecerdasan emosional dan prestasi akademik siswa kelas V SDN sekecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone bahwa konsep diri akademik siswa berada pada kategori sedang, kecerdasan emosional siswa berada pada kategori sedang, dan prestasi akademik siswa berada pada kategori tinggi. (2) konsep diri akademik berhubungan secara positif dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa kelas V SDN sekecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Artinya semakin tinggi konsep diri akademik maka prestasi akademik siswa akan semakin tinggi. (3) kecerdasan emosional berhubungan secara positif dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa kelas V SDN sekecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka prestasi akademik akan semakin tinggi. (4) konsep diri akademik dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa kelas V SDN sekecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Nilai prestasi akademik merupakan fungsi linier dari konsep diri akademik dan kecerdasan emosional yang berarti prestasi akademik mengikuti peningkatan konsep diri akademik dan kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 04:09
Last Modified: 27 Mar 2018 04:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6110

Actions (login required)

View Item View Item