Pengaruh Pelaksanaan Metode Sosiodrama Terhadap Keterampilan Berbicara pada Peserta Didik di SD Negeri Melayu Muhammadiyah

ALAMSYAH, HERYANTI (2017) Pengaruh Pelaksanaan Metode Sosiodrama Terhadap Keterampilan Berbicara pada Peserta Didik di SD Negeri Melayu Muhammadiyah. S1 thesis, pascasarjan.

[img] Text
Artikel Tesis Heryanti ALamsyah.doc

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran (i) Pelaksanaan proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Melayu Muhammadiyah Kota Makassar (penggunaan metode sosiodrama dan metode konvensional; (ii) Hasil pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Melayu Muhammadiyah (keterampilan berbicara); (iii) Ada pengaruh pelaksanaan metode sosiodrama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap hasil pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Melayu Muhammadiyah Kota Makassar. Jenis penelitian merupakan true eksperiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Melayu Muhammadiyah Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 64 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 peserta didik, 20 peserta didik kelas VA dan 20 peserta didik kelas VB. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik maching group. Instrumen penelitian ini ialah rancangan pembelajaran dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi guru dan siswa serta lembar pengamatan keterampilan berbicara dalam bentuk rubrik penilaian. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (i) Pelaksanaan metode sosiodrama dalam pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas V mengalami peningkatan, di mana hasil observasi aktivitas peserta didik dan guru berada pada kategori baik; (ii) Hasil pengamatan keterampilan berbicara siswa kelas V setelah pelaksanaan metode sosiodrama dalam pembelajaran mengalami peningkatan keterampilan berbicara, di mana hasil pengamatan keterampilan berbicara berada pada kategori memuaskan; (iii) Terdapat pengaruh pelaksanaan metode sosiodrama dalam pembelajaran terhadap keterampilan berbicara peserta didik di SDN Melayu Muhammadiyah Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 03:34
Last Modified: 27 Mar 2018 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item View Item