Pengembangan Media Pembelajaran Jeopardy Game berbasis Macromedia Flash Di SMA Negeri 8 Model Bulukumba

Astria, Andi Tia (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Jeopardy Game berbasis Macromedia Flash Di SMA Negeri 8 Model Bulukumba. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA JEOPARDY GAME BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI SMA NEGERI 8 MODEL BULUKUMBA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah memproses dan menghasilkan media pembelajaran jeopardy game berbasis macromedia flash yang berkualitas yaitu valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Subjek uji coba produk pengembangan ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 SMAN 8 Model Bulukumba dengan jumlah peserta didik 34 orang. Prosedur penelitian terdiri dari atas lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tahap analisis yaitu analisis kebutuhan peserta didik dan kurikulum.Tahap desain yaitu mendesain produk dan perangkat. Tahap pengembangan yaitu mengembangkan produk dan perangkat pembelajaran serta melakukan validasi. Tahap implementasi yaitu menerapkan media pembelajaran. Tahap evaluasi yaitu melakukan tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media. Data penelitian diperoleh menggunakan angket validasi, angket respon peserta didik dan guru, observasi keterlaksanaan penggunaan media dan aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Produk pengembangan oleh ahli media dikategorikan “valid“ dengan nilai rata-rata 3,55 dan oleh ahli materi dikategorikan “valid” dengan nilai rata-rata 3,7, sedangkan pengembangan perangkat pembelajaran pendukung yaitu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikategorikan “valid” dengan nilai rata-rata 3,94 dan Buku Siswa (BS) dikategorikan “valid” dengan nilai rata-rata 3,96. Respon guru dikategorikan “sangat kuat” dengan respon rata-rata 90%, sedangkan respon peserta didik terhadap media dikategorikan “sangat kuat” dengan respon rata-rata 87% dan terhadap buku siswa dikategorikan “sangat kuat” dengan respon rata-rata 85%. Tes hasil belajar dengan nilai klasikal ketuntasan 100%. Kepraktisan dalam keterlaksanaan penggunaan media dikategorikan “sangat baik” dengan nilai rata-rata 3,28. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran jeopardy game berbasis macromedia flash yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 01:51
Last Modified: 27 Mar 2018 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6087

Actions (login required)

View Item View Item