Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar

Haping, Takdir (2017) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar. S1 thesis, pascasarjan.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI TAMALANREA KOTA MAKASSAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berlandaskan pada pemberian reward menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Hal tersebut merupakan prakondisi yang harus ada pada diri sendiri dalam usaha untuk memotivasi siswa untuk belajar, yang selanjutnya berimplikasi pada hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran pemberian reward terhadap hasil belajar IPS Siswa.(2) memperoleh gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V (3) memperoleh gambaran Apakah ada pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pre-eksperimental dengan melibatkan satu kelompok eksperimen dengan desain the one group pretest- postest design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar IPS siswa dan variabel bebasnya adalah pemberian reward. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar yaitu berjumlah 60 orang yang terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan dengan sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VA dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar sejumlah 30 soal. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pemberian reward siswa kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar. Pelaksanaan pemberian reward siswa kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar berada pada kategori yang baik. Terdapat peningkatan hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) dengan setelah diberikan pemberian reward (postest). Hasil belajar IPS siswa dianalisis dengan menggunakan rumus t-test melalui bantuan SPSS 20.0 for windows pada signifikansi sampel paired t test P-Value dinyatakan signifikan. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 01:35
Last Modified: 27 Mar 2018 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6084

Actions (login required)

View Item View Item