Keefektifan Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Islam Al Azhar 24 Makassar

HARYATI S, SRI ENDANG (2017) Keefektifan Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Islam Al Azhar 24 Makassar. S1 thesis, pascasarjan.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (58kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis kemampuan hasil belajar menulis siswa sebelum menggunakan media audiovisual, (2) menganalisis hasil belajar menulis puisi siswa setelah menggunakan media audiiovisual, dan (4) menganalisis keefektifan penggunaan media audiovisual terhadap pembelajaran menulis puisi. Desain penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen dengan jenis penelitian the one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Al Azhar 24 Makassar berjumlah 200 orang yang terbagi dalam 10 kelas. Sampel penelitian kelas VIII B yang berjumlah 20 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak berkelompok. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial jenis uji-t yang diolah dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII sebelum menggunakan media audiovisual diperoleh sebanyak 50% siswa berada pada kategori sangat rendah. Hanya terdapat 15% atau 3 orang yang berhasil memenuhi KKM dan 85% atau 17 orang tidak berhasil memenuhi KKM dengan perolehan nilai rata-rata 59, (2) hasil belajar menulis puisi setelah menggunakan media audiovisual (postest) diperoleh data hanya 5% atau 1 orang siswa yang berada pada kategori sedang. Sebanyak 19 orang atau 95% siswa berhasil mencapai KKM dengan perolehan rata-rata 90,15 dan hanya terdapat 1 orang atau 5% yang tidak memeunuhi KKM. Perbandingan hasil kemampuan sebelum dan setelah menggunakan media audiovisual dari nilai rata-rata diperoleh m1 59 ≠ m2 90,15 yang berari H1 diterima bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar menulis puisi siswa sebelum menggunakan media audiovisual dengan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual. hasil uji-t (hipotesis) jenis independent sample test diperoleh nilai thitung = 9,698 dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,024 atau thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain, hipotesis (H1) diterima apabila nilai thitung lebih besar atau sama dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05%. Saran penelitian adalah penggunaan media audiovisual hendaknya diprioritaskan oleh guru karena media ini efektif diterapkan dalam proses pembelajaran terutama dalam hal pemerolehan informasi baru dengan cara yang lebih kreatif dibandingkan jika hanya disampaikan secara lisan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 01:03
Last Modified: 27 Mar 2018 01:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6079

Actions (login required)

View Item View Item