Analisa tentang gambit dalam komunikasi Bahasa Inggris yang dilakukan oleh Mahasiswa didalam Kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing

Reskiawan, Bimas (2016) Analisa tentang gambit dalam komunikasi Bahasa Inggris yang dilakukan oleh Mahasiswa didalam Kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
THE ANALYSIS OF GAMBITS IN THE ENGLISH COMMUNICATION BY UNDERGRADUATE STUDENTS IN EFL CLASSROOM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis gambit yang diucapkan oleh mahasiswa untuk berkomunikasi didalam kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan untuk mengetahui fungsi gambit yang diucapkan oleh mahasiswa untuk berkomunikasi yang dilakukan didalam kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 program studi bahasa Inggris di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan rekaman video dan trankripsi. Data yang diperoleh dianalisis dalam tiga fase utama yaitu pemilihan data, pengelompokkan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada tiga jenis gambit yang diucapkan oleh mahasiswa pada proses perkuliahan didalam kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing, yaitu gambit pembukaan, gambit penghubung, dan gambit perespon. (2) setiap jenis dari gambit tersebut memiliki fungsi yang berbeda - beda. Pertama, gambit pembukaan terdiri dari beberapa fungsi yaitu untuk menyanggah, menanyakan tentang informasi, menyela, memberi tindakan, bercerita, hal yang utama, fakta yang muncul, dan memberikan pendapat pribadi. Semua fungsi tersebut diucapkan oleh mahasiswa dalam dua bentuk yaitu untuk pertanyaan dan pernyataan. Kedua, Gambit penghubung yang terdiri dari beberapa fungsi yang berbeda yaitu untuk memikirkan tentang masalah yang timbul, menegaskan pada masalah, memberikan alasan, berpikir, memperbaiki, menuntut penjelasan, argumen dan kontra argumen, melihat sisi baik, mengilustrasikan, keragu-raguan dan bercerita. Semua fungsi tersebut diucapkan oleh mahasiswa dalam bentuk pernyataan dan pertanyaan. Ketiga, Gambit perespon yang terdiri dari beberapa fungsi yang berbeda yaitu untuk menyatakan benar atau salah, reaksi yang gemuruh, menunjukkan kekaguman, masalah dalam berkomunikasi, dan menerima komplain. Semua fungsi tersebut diucapkan oleh mahasiswa dalam bentuk pernyataan. Dapat disimpulkan bahwa, ada tiga jenis gambits dalam percakapan yang ditemukan. Ini berarti bahwa gambit benar-benar dibutuhkan dalam percakapan. Selanjutnya, saran-saran yang dapat dberikan kepada mahasiswa seperti rekomendasi menggunakan percakapan gambit di kelas dan juga meminta mahasiswa untuk ikut aktif dalam kelas dengan menggunakan gambit.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Mar 2018 07:36
Last Modified: 23 Mar 2018 07:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5985

Actions (login required)

View Item View Item