Model pembelajaran ramah anak pada lingkungan pendidikan anak usia dini

AMINULLAH, AMINULLAH (2017) Model pembelajaran ramah anak pada lingkungan pendidikan anak usia dini. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ISI.docx

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Model ini dikembangkan untuk menjawab rumusan permasalahan pada pembelajaran ramah anak pada lingkungan pendidikan anak usia dini dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik dan kebutuhan lapangan, desain pengembangan, dan kepraktisan serta keefektifan model pembelajaran ramah anak pada lingkungan pendidikan anak usia dini. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan lokasi penelitian di TK Azzahrah Kabupaten Takalar selama satu bulan yang dibagi dalam empat kali tahapan penelitian sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran harian yang telah dibuat sebelumnya dengan mengikuti langkah-langkah penelitian yang digunakan adalah model Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil pengamatan terhadap seluruh aktifitas guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran ramah anak pada lingkungan PAUD pada kegiatan pembelajaran dari pertemuan pertama sampai pada pertemuan keempat, dua pengamat sepakat bahwa pengelolaan pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran ramah anak pada lingkungan PAUD bagi anak taman kanak-kanak kelompok B terlaksana dengan percentage of agreement (PA) = 80.7%. (2) Hasil analisis Angket Respon Guru (ARG) terhadap model pembelajaran pembelajaran ramah anak pada lingkungan PAUD bagi anak taman kanak-kanak kelompok B berada pada kategori positif yaitu “sangat baik/sangat setuju”. Berdasarkan kriteria respon guru terhadap model pembelajaran pembelajaran ramah anak pada lingkungan PAUD bagi anak taman kanak-kanak kelompok B sesuai dengan penilaian guru dikatakan efektif karena ≥ 90% guru memberikan respon positif “sangat baik”. (3) Hasil penilaian aktifitas anak dalam pelaksanaan model pembelajaran ramah anak pada lingkungan PAUD berdasarkan seluruh indikator yang diharapkan tercapai pada saat ujicoba model pembelajaran ramah anak pada lingkungan PAUD diterapkan, berada pada kategori “tinggi”. Dengan nilai rata-rata ketepatan kehadiran 2.88%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Mar 2018 02:55
Last Modified: 23 Mar 2018 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5975

Actions (login required)

View Item View Item