Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Inpres Tidung Makassar

AMALIA, AMALIA (2017) Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Inpres Tidung Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika di kelas V SD Inpres Tidung Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-exsperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas V SD Inpres Tidung Makassar, sampel yakni seluruh peserta didik di kelas V SD Inpres Tidung Makassar dan seluruh peserta didik di kelas SD Inpres Tidung 2 Makassar. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, tes hasil belajar matematika peserta didik, angket respons peserta didik dan angket minat belajar matematika peserta didik . Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan baik, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori sangat aktif, hasil belajar matematika peserta didik berada pada kategori tinggi dengan mean 82.34 dan standar deviasi 7.66, tingkat proporsi ketuntasan secara klasikal sebesar 91.89, rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar berada pada kategori tinggi, respons peserta didik terhadap penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open-ended pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,64, minat belajar matematika peserta didik terhadap penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open-ended berada pada kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 3,63. Secara umum disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika efektif diterapkan pada peserta didik di kelas V SD Inpres Tidung Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Mar 2018 02:13
Last Modified: 23 Mar 2018 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5974

Actions (login required)

View Item View Item