Analisis kesalahan menyelesaikan soal-soal pecahan berdasarkan taksonomi bloom dan kemampuan awal siswa kelas v SD Negeri Rappocini

ODE, RASID (2017) Analisis kesalahan menyelesaikan soal-soal pecahan berdasarkan taksonomi bloom dan kemampuan awal siswa kelas v SD Negeri Rappocini. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
4. JURNAL RASID ODE.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan menyelesaikan soal-soal pecahan berdasarkan toksonomi bloom dan kemampuan awal siswa. Konsep dalam pembelajaran matematika merupakan unsur mendasar yang harus dipahami oleh siswa. Selain konsep, prosedur dalam pembelajaran matematika memudahkan siswa untuk simbol-simbol matematika dan menyusun langkah -langkah dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah (i) mendeskripsikan kesalahan konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan soal-soal pecahan; Dan (ii) mendeskripsikan penyebab terjadinya kesalahan konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan soal-soal pecahan. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes diagnostik dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang yang dibagi dalam dua kategori yaitu, 2 berkemampuan tinggi dan 2 berkemampuan sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) kesalahan konseptual terjadi pada subjek berkemampuan tinggi dan sedang yaitu salah menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, salah mengaitkan berbagai konsep, salah mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, dan salah menyatakan ulang sebuah konsep. Kesalahan prosedural yang terjadi pada subjek berkemampuan tinggi dan sedang yaitu salah menggunakan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal-soal pecahan, salah memanipulasi langkah-langkah untuk menjawab suatu soal, melakukan penyimpulan tanpa alasan yang benar, serta salah dalam mencermati dan memahami petunjuk tes diagnostik yaitu siswa tidak melanjutkan langkah penyelesaian; (ii) penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa antara lain adalah siswa kurang teliti membaca dan memahami maksud dari soal sehingga melakukaan kesalahan dalam menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, siswa kurang teliti dan kurang memahami maksud dari apa yang ditanyakan pada soal sehingga melakukan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir sesuai apa yang ditunjukkan pada soal, siswa kurang memahami materi pecahan sehingga kurang mampu dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi tersebut, daya ingat siswa terhadap rumus maupun pengertian-pengertian mengenai materi pecahan masih kurang sehingga siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal, serta keahlian menghitung siswa masih kurang sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan soal-soal dengan benar dan tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Mar 2018 07:53
Last Modified: 22 Mar 2018 07:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5964

Actions (login required)

View Item View Item