Kemampuan Memahami Makna Gramatikal Kata Bahasa Bugis dalam Teks Méompalo Bolonngé Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Barru Kabupaten Barru

ANARUDDIN, ANARUDDIN (2017) Kemampuan Memahami Makna Gramatikal Kata Bahasa Bugis dalam Teks Méompalo Bolonngé Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Barru Kabupaten Barru. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ANARUDDIN (1555045012).pdf

Download (552kB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 3 Barru; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan memahami makna gramatikal kata berdasarkan reduplikasi dalam teks Méompalo Bolonngé siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Barru; dan (3) untuk mendeskripsikan kemampuan memahami makna gramatikal kata berdasarkan komposisi dalam teks Méompalo Bolonngé siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Barru. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Barru tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 106 orang dan terbagi ke dalam empat kelas. Dalam penelitian ini ditetapkan jumlah sampel sebanyak 25% dari jumlah populasi atau 25% dari 106. Jadi, jumlah sampel yang ditetapkan adalah 27 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan sampel acak berimbang (proporsional random sample) dengan pertimbangan bahwa sampel mempunyai sifat yang sama. Untuk mengumpulkan data penelitian ini, digunakan teks Méompalo Bolonngé berdasarkan pada soal pilihan ganda (multiple choice). Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif yang diolah dengan bantuan MS. Excel. Berdasarkan hasi penelitian ini diperoleh temuan bahwa siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Barru secara umum tidak mampu memahami makna gramatikal kata dalam teks Méompalo Bolonngé karena jumlah siswa yang memeroleh nilai 75-100 tidak mencapai 75%. Nilai yang diperoleh hanya berjumlah 52.55% dari tiga aspek yang dijadikan indikator penilaian. Diketahui ada tiga indikator yang dikategorikan tidak mampu dikuasai siswa, yaitu aspek afiksasi hanya mencapai tingkat kemampuan 48.88%, aspek reduplikasi 55.92% dan aspek komposisi 52.59%. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kiranya guru bahasa dan sastra daerah SMP Negeri 3 Barru, selalu memberikan pelatihan dan tugas kepada siswa dalam meningkatkan pemahaman tentang makna gramatikal kata. Kata kunci: makna, gramatikal, kata, afiksasi, reduplikasi, komposisi, dan Méompalo Bolonngé

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Mar 2018 04:27
Last Modified: 22 Mar 2018 04:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5943

Actions (login required)

View Item View Item